Senin, 11 Oktober 2021

Teori Belajar Sosial

TEORI SOSIAL

Peran orang tua dalam setiap fase pertumbuhan anak adalah penting. Teori pembelajaran sosial salah satunya digagas oleh psikolog Albert Bandura. Menurut Bandura, aspek penting dalam proses belajar anak datang dari observasi dan meniru orang sekitarnya. Dalam teori velajar sosial, menurut Albert Bandura yaitu semua yag dilihat anak tidak berarti akan ditiru secara langsung. Konsep ini sepadan dengan pamahaman bahwa anak belajar layaknya spons, menyerap apa yang ada disekitarnya.

Anak tetap bisa belajar hal baru meski tidak melakukannya secara langsung. Syaratnya yaitu anak tersebut pernah melihat orang lain melakukannya, terlepas apapun medianya. Seseorang dapat belajar informasi dan perilaku aru hanya dengan melihat orang lain melakukannya. 

Terdapat 3 konsep yang menjadi dasar dari teori ini :
1. Manusia bisa belajar lewat observasi
2. Kondisi mental berperan penting dalam proses pembelajaran
3. Belajar sesuatu tidak menjamin perubahan perilaku

Menurut Bandura, sebagian besar perilaku yang dilakukan manusia, dipelajari secara observatif lewat modelling. Dengan hanya melihat bagaimana orang lain berperilaku, maka akan muncul konsep baru yang dipercaya menjadi cara bertindak yang tepat.

Tiga konsep dasar dari pembelajaran observatif :
1. Model langsung atau live model yang melibatkan individu melakukan sesuatu
2. Model simbolik yang melibatkan karakter fiksi atau non fiksi lewat buku, film, program televisi, dan media online
3. Model instruksi verbal dengan deskripsi serta penjelasan dari sebuah perilaku

Teori pembelajaran sosial tidak terlibat langsung dalam sebuah aktivitas. Mendengarkan sebuah instruksi atau petunjuk secara lisan, sudah dapat menjadi media belajar hal baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Makalah Individual

 Berikut ini tampilan makalah yang telah saya buat tentang "Rencana Pembelajaran" untuk memenuhi tugas makalah individual mata kul...