Minggu, 12 September 2021

Ketergantungan Siswa Terhadap Smartphone dalam Pembelajaran Daring

Blog ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas esai kecil mata kuliah Belajar dan Pembelajaran yang diampu oleh Bapak Dr. Parno., M.Si

oleh : Nadhira Almas
Universitas Negeri Malang

ESAI KECIL :

Ketergantungan Siswa Terhadap Smartphone dalam Pembelajaran Daring


Belajar merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh individu berupa aktivitas memperoleh ilmu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku dan tambahan pengetahuan sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari. Hakikat dalam belajar dan pembelajaran ialah menjelaskan bahwa pembelajaran membutuhkan hubungan dialogis yang sungguh-sungguh antara pendidik dan peserta didik, dimana penekanannya adalah pada proses pembelajaran oleh siswa dan bukan pengajaran yang diberikan oleh guru atau pendidik.

Adanya wabah pandemi Covid-19 yang melanda dunia sekarang, berdampak pada segala aspek kehidupan salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Keadaan sekarang menjadikan para pelajar diberbagai jenjang terpaksa harus belajar secara mandiri dirumah, atau dapat dikatakan pembelajaran dilaksanakan secara daring.

Belajar melalui daring diakui memiliki beberapa titik kelemahan. Belajar daring yang terlalu lama memberikan efek samping kepada anak misalnya anak menjadi malas serta pelajaran yang tidak terserap dengan baik. Sistem daring juga menyebabkan peningkatan ketergantungan siswa terhadap alat elektronik seperti smartphone dan internet. Saya merasakan langsung masalah ini di lingkungan tempat saya tinggal. Ketika guru hanya memberikan tugas, dan menyuruh siswanya mencatat sendiri materi yang diberikan tanpa diberi penjelasan ulang, disinilah siswa akan mengandalkan gadgetnya untuk mencari jawaban dari tugas yang diberikan melalui internet. Rata-rata peserta didik kurang mau membaca materi yang sudah tertulis di buku. Mereka langsung memilih mencari jawaban dan solusinya di internet. Hal ini yang menjadi masalah terbesar bagi para pendidik, karena siswa hanya ingin tugasnya cepat selesai serta jawabannya benar semua tanpa mau tahu bagaimana cara pengerjaannya. Alhasil mereka menjadi ketergantungan browsing di internet. Jadi setiap ada tugas yang berikan oleh guru, mereka akan langsung mengandalkan internet untuk mencari tahu jawabannya.

Cara belajar sekarang ini telah mengalami kemunduran. Perlu adanya inovasi untuk mengurangi interaksi anak dengan smartphone. Peran orangtua dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk mendampingi anak dalam belajar daring. Salah satu yang dapat dilakukan ialah dengan menyediakan ruang kreatifitas seperti majalah dinding, dan interaksi atau eksperimen nyata yang dapat memicu anak melakukan kegiatan tanpa melalui smartphone. Diharapkan orang tua memberi pengawasan ketat pada anaknya dan memberi pengertian kepada anaknya tentang dampak yang akan ditimbulkan apabila mereka ketergantungan terhadap smartphone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Makalah Individual

 Berikut ini tampilan makalah yang telah saya buat tentang "Rencana Pembelajaran" untuk memenuhi tugas makalah individual mata kul...