Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran dapat tercapai apabila pembelajaran dilaksanakan secara efektif (Fakrurrazi, 2018, hlm. 87). Hasil belajar dan materi yang diajarkan oleh guru ditentukan agar tercapainya tujuan pembelajaran. Maka, setidaknya guru harus menguasai sebuah teknik dan metode yang dapat digunakan dalam menyampaikan materi, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Komponen-komponen pembelajaran ada agar suatu pembelajaran dapat dikatakan baik.
Agar tujuan pembelajaran bisa tercapai, seorang guru dituntut untuk mampu maksimal dalam proses pengajarannya, mulai dari perencanaan yang matang mengenai skenario pembelajaran yang akan diterapkan, prosuder (langkah-langkah) yang sistematis dalam proses belajar serta evaluasi pada setiap akhir dari proses pembelajaran.
Media pembelajaran sering dikesampingkan dalam komponen pembelajaran. Suatu proses belajar mengajar menjadi bermakna dan lebih berkesan apabila media pembelajaran dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran menurut Rossi dan Breidle (dalam Sanjaya, 2012, hlm. 59-60) adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran. Menurut Rayanda Asyar (2012, hlm. 8) media pembelajaran disebut sebagai penyampaian pesan yang berfungsi agar sang penerima pesan dapat melaksanakan proses pembelajaran yang efisien dan juga efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar