Senin, 18 Oktober 2021

Draft Tugas Makalah Individual Belajaran Pembejaran Offering C12


DRAFT TUGAS MAKALAH INDIVIDUAL

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

 

RENCANA PEMBELAJARAN

 

 

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran

 

 

Yang Dibina oleh :

 

Prof. Dr. Parno, M.Si.

NIP. 196501181990011001

 

 

Disusun oleh :

 

Nadhira Almas (200351615673)

 

Offering C12

 

 

 

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

OKTOBER 2021


 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, taufik, serta hidayah-Nya yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani kepada kami. Sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Belajar dan Pembelajaran dengan lancar.

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Belajar dan Pembelajaran  dari Bapak Prof. Dr. Parno, M.Si. di Universitas Negeri Malang. Kami berharap, melalui makalah ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembaca. 

Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Prof. Dr. Parno, M.Si. atas bimbingan dan arahannya. Tugas ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada kami terkait materi tersebut. Dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pembuatan makalah ini. 

Kami juga menyadari bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap kritik dan saran demi kebaikan makalah kami selanjutnya. Semoga makalah ini dapat dipahami bagi pembacanya.

 

 

 

 

Malang, 19 Oktober 2021

 

 

Penulis


 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR.. i

DAFTAR ISI. ii

BAB I. 1

PENDAHULUAN.. 1

1.1 Latar Belakang. 1

1.2 Rumusan Masalah. 2

1.3 Tujuan. 2

BAB II. 3

ISI. 3

2.1      Definisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3

2.2      Tujuan Disusunnya Bahan Ajar. 3

2.3      Pentingnya Rencana Pembelajaran. 3

2.4      Permaslaahan Konstektual Terkait Rencana Pembelajaran. 3

2.5      Solusi atas Permasalahan Konstektual 3

BAB III. 4

PENUTUP.. 4

3.1 Kesimpulan. 4

3.2 Saran. 4

DAFTAR RUJUKAN.. 5

 


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Strategi pembelajaran sangat diperlukan dalam menunjang terwujudnya kompetensi yang dimuat dalam kurikulum. Kurikulum memuat apa yang diajarkan kepada peserta didik. Dalam suatu sistem pembelajaran, kehadiran bahan ajar merupakan hal yang penting. Biasanya tenaga pendidik akan menyusun materi sebelum diajarkan keesokan harinya. Bahkan bisa pula dipersiapkan sepekan atau lebih jauh lagi sebelum hari H kegiatan pembelajaran dilakukan. Penyusunan rencana pembelajaran dilakukan oleh tenaga pendidik dengan memakai teknik atau metode tertentu sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pada saat itu.

Bahan atau materi ajar merupakan materi pelajaran yang disusun secara sistematis, yang nantinya digunakan oleh tenaga pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Materi ajar dapat dikatakan spesifik, ialah karena cara penyusunan dan penyampaiannya disesuaikan dengan peserta didik. Sehingga isi materi didamnya dapat dipahami dengan baik dan mencapai tujuan yang ditargetkan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Bahan atau materi ajar yaitu berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). RPP merupakan kegiatan awal dalam melakukan kegiatan pembelajaran. RPP dikembangkan oleh pendidik yang mengacu kepada silabus, seperangkat rencana yang menjadi pedoman pendidik dalam melaksanakan tahapan pembelajaran baik secara teori maupun praktik. Keberhasilan dan ketuntasan pelajaran yang diberikan oleh pendidik ditentukan terhadap kualitas perencanaan yang dibuatnya. Maka dari itu penyusunan RPP merupakan hal yang penting bagi pendidik. Di dalam RPP, pendidik menjabarkan dan mengembangkan kompetensi dasar ke dalam indikator pencapaian kompetensi serta tujuan pembelajaran.

Tujuan penyusunan bahan ajar :

-          Memiliki materi yang tepat untuk disampaikan di kelas kepada peserta didik yang menjadi target penyusunannya.

-          Penyusunan materi dilakukan untuk dapat lebih mudah menyesuaikan dengan kurikulum maupun kebutuhan dari peserta didik disebuah lembaga pendidikan.

-          Memudahkan terselesaikannya semua materi dalam satu semester sehingga mencapai target dan semua materi yang diajarkan pendidik tersampaikan kepada peserta didik.

 

1.2 Rumusan Masalah

1.      Apa definisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)?

2.      Apa saja tujuan dari disusunnya bahan ajar?

3.      Seberapa pentingkah rencana pembelajaran itu?

4.      Bagaimana contoh permasalahan konstektual yang terkait dengan rencana pembelajaran?

5.      Bagaimana solusi atas permasalahan konstektual yang terkait dengan rencana pembelajaran?

 

1.3 Tujuan

1.      Untuk mengetahui definisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

2.      Untuk mengetahui tujuan dari disusunnya bahan ajar.

3.      Untuk mengetahui seberapa penting rencana pembelajaran itu.

4.      Untuk mengetahui contoh permasalahan konstektual yang terkait dengan rencana pembelajaran.

5.      Untuk mengetahui solusi atas permasalahan konstektual yang terkait dengan rencana pembelajaran.

BAB II

ISI

 

2.1  Definisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

2.2  Tujuan Disusunnya Bahan Ajar

2.3  Pentingnya Rencana Pembelajaran

2.4  Permaslaahan Konstektual Terkait Rencana Pembelajaran

2.5  Solusi atas Permasalahan Konstektual


 

BAB III

PENUTUP

 

3.1 Kesimpulan

3.2 Saran

DAFTAR RUJUKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Makalah Individual

 Berikut ini tampilan makalah yang telah saya buat tentang "Rencana Pembelajaran" untuk memenuhi tugas makalah individual mata kul...